Resep rica-rica ayam masakan khas Jawa Barat oleh ibu inung

Rica-rica ayam merupakan salah satu hidangan khas Jawa Barat yang sangat terkenal dengan cita rasa pedasnya. Hidangan ini memiliki kombinasi yg mantap
  Selamat datang di blog saya yang kaya akan cita rasa jaman dulu kali ini kita akan bahas sebuh masakan khas jawa barat apa lagi kalau bukan ''RICA-RICA AYAM'' Rica-rica ayam merupakan salah satu hidangan khas Jawa Barat yang sangat terkenal dengan cita rasa pedasnya. Hidangan ini memiliki kombinasi rasa yang kaya, berpadu antara pedas, asam, manis, dan gurih. Berikut adalah artikel yang membahas lebih dalam tentang resep dan asal-usul rica-rica ayam sebagai masakan khas Jawa Barat:
Rica-Rica Ayam: Hidangan Pedas Khas Jawa Barat yang Menggugah Selera
Jawa Barat, Indonesia - Hidangan kuliner Indonesia sangatlah beragam dan memikat lidah. Salah satu hidangan yang sangat populer di Jawa Barat adalah rica-rica ayam. Cita rasa pedas yang khas dan aroma rempah yang menggugah selera membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang.
Asal Usul dan Sejarah Rica-Rica Ayam
Rica-rica ayam adalah hidangan asli dari daerah Jawa Barat, khususnya Sunda, yang merupakan etnis mayoritas di wilayah tersebut. Nama "rica-rica" berasal dari bahasa Manado, Sulawesi Utara, yang berarti "pedas". Meskipun demikian, hidangan rica-rica ayam di Jawa Barat memiliki ciri khas dan bumbu yang berbeda dengan hidangan rica-rica di Manado.
Awalnya, hidangan rica-rica hanya menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, namun kemudian berbagai variasi muncul, termasuk rica-rica ayam yang semakin populer dan menjadi favorit di berbagai restoran dan rumah makan di Jawa Barat.

Bahan-Bahan dan Cara Memasak Rica-Rica Ayam

Rica-rica ayam dibuat dari potongan ayam yang diolah dengan bumbu rempah yang kaya. Berikut adalah bahan-bahan dan cara memasaknya:

Bahan-bahan:

500 gram ayam (potong menjadi potongan kecil sesuai selera)
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah keriting (atau sesuai selera tingkat kepedasan)
3 buah cabai rawit merah (sesuai selera tingkat kepedasan)
2 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun salam
1 tomat besar, potong-potong
1 sendok makan gula merah, serut (atau sesuai selera)
2 sendok makan minyak goreng
500 ml air
Garam secukupnya
Cara Memasak:
1.Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah dalam cobek atau blender.
2.Tambahkan sedikit garam untuk memudahkan proses penghalusan.
3.Panaskan minyak goreng dalam wajan di atas api sedang. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun jeruk, serai, lengkuas, dan daun salam hingga harum dan matang. Aduk secara terus-menerus agar bumbu tidak gosong.
4.Setelah bumbu matang, masukkan potongan ayam dan aduk rata hingga ayam berubah warna dan tercampur bumbu.
5.Tambahkan air, aduk rata, dan masak ayam dengan api sedang hingga ayam matang dan kuah meresap. Jika diperlukan, tambahkan garam sesuai selera.
6.Setelah ayam matang dan kuah mengental, masukkan potongan tomat dan serutkan gula merah. Aduk kembali dan masak sebentar hingga tomat sedikit layu.
Rica-rica ayam siap disajikan!
7.Sajikan selagi hangat bersama nasi putih dan pelengkap lain sesuai selera.Nikmati Sensasi Pedas Rica-Rica Ayam Khas Jawa Barat

Jangan lupa untuk membuat resep lainnya ya sob:Resep Getuk singkong gulmer ibu ira - Kuliner Jaman Dulu


Rica-rica ayam adalah hidangan yang menggugah selera dan menantang lidah bagi para pencinta makanan pedas. Rasakan kelezatan ayam yang empuk dengan bumbu rempah yang meresap hingga ke dalam dagingnya. Rica-rica ayam adalah sajian yang pas untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman, terutama jika Anda menggemari makanan pedas.
Tertarik untuk mencoba resep rica-rica ayam khas Jawa Barat di rumah? Selamat mencoba dan nikmati kelezatan hidangan pedas nan menggugah selera ini!