Cara memasak opor ayam yang enak oleh ibu eti

Opor ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera
 Opor ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Resep opor ayam ini telah diwariskan dari generasi ke generasi, dan setiap keluarga memiliki cara tersendiri dalam menyajikannya. Namun, dalam artikel ini, kami akan membagikan resep opor ayam versi Ibu Eti, yang telah terkenal di kalangan keluarga dan tetangga sebagai hidangan yang nikmat dan menggoda selera.

Opor ayam ala Ibu Eti memiliki rahasia tersendiri untuk menciptakan kuah santan yang gurih, lembutnya daging ayam yang sempurna, serta paduan bumbu yang pas untuk menciptakan harmoni cita rasa. Mari kita mulai memasak opor ayam yang enak ala Ibu Eti dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:
 Persiapkan Bahan-bahan

Sebelum memulai memasak opor ayam, pastikan semua bahan telah tersedia dengan baik. Beberapa bahan yang dibutuhkan meliputi potongan ayam (dapat disesuaikan dengan selera), santan kental dan santan encer yang diambil dari kelapa segar, serai yang sudah dimemarkan, beberapa lembar daun salam, jahe, dan lengkuas yang dimemarkan untuk memberikan aroma harum pada hidangan. Selain itu, siapkan juga bawang merah, bawang putih, dan kemiri yang akan dihaluskan menjadi pasta bumbu.

Langkah 2: 
Membuat Bumbu Halus

Untuk menciptakan opor ayam yang enak, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bumbu halus. Irislah bawang merah dan bawang putih, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum dan matang. Sementara itu, sangrai juga kemiri hingga matang, kemudian tumbuk bawang merah, bawang putih, dan kemiri menjadi pasta bumbu yang halus dan harum.

Langkah 3:
 Merebus Ayam

Setelah bumbu halus siap, saatnya merebus potongan ayam. Masukkan potongan ayam ke dalam panci dengan air yang mendidih, dan biarkan hingga matang. Setelah ayam matang, angkat dan tiriskan agar siap untuk langkah berikutnya.

Langkah 4:
 Membuat Santan Kental

Santan merupakan kunci utama dalam opor ayam ala Ibu Eti. Untuk membuat santan kental, parutlah kelapa dan peras menggunakan air hangat untuk menghasilkan santan yang pekat dan kental. Panaskan santan kental dalam panci dengan api kecil hingga santan berminyak dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Hal ini akan memberikan tekstur dan cita rasa yang lezat pada hidangan akhir.

Langkah 5:
Membuat Kuah Opor

Selanjutnya, panaskan minyak dalam panci dan tumis bumbu halus bersama dengan serai, daun salam, jahe, dan lengkuas hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan potongan ayam yang sudah direbus ke dalam panci, dan aduk rata dengan bumbu. Tambahkan santan encer dan santan kental secara perlahan sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur rata. Jangan lupa untuk menambahkan ketumbar bubuk, jintan bubuk, kunyit bubuk, garam, dan gula secukupnya agar opor ayam memiliki cita rasa yang pas dan seimbang.

Langkah 6:
 Merebus Hingga Matang

Kemudian, masak opor ayam dengan api kecil hingga kuah mengental, daging ayam menjadi empuk, dan bumbu meresap ke dalam daging. Saat merebus, penting untuk sesekali mengaduk opor agar santan tidak pecah dan kuahnya tercampur dengan baik.

Langkah 7: 
Sajikan Opor Ayam

Setelah opor ayam matang dan memiliki aroma harum yang menggugah selera, hidangan ini siap untuk disajikan. Hidangkan opor ayam ala Ibu Eti dalam piring saji dan nikmati dengan nasi putih serta lauk pelengkap lainnya seperti telur rebus, kerupuk, dan irisan mentimun untuk menciptakan hidangan yang lezat dan lengkap.


Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk memasak opor ayam ala Ibu Eti, ada beberapa bahan utama yang perlu dipersiapkan:

-Ayam (potong menjadi bagian sesuai selera)

-Santan kental (dari kelapa segar)

-Santan encer (dari kelapa segar)

-Serai (2 batang, memarkan)

-Daun salam (3 lembar)

-Jahe (2 cm, memarkan)

-Lengkuas (2 cm, memarkan)

-Bawang merah (6 butir)

-Bawang putih (4 siung)

-Kemiri (4 butir, sangrai)

-Ketumbar bubuk (1 sendok teh)

-Jintan bubuk (1/2 sendok teh)

-Kunyit bubuk (1 sendok teh)

-Garam (secukupnya)

-Gula (secukupnya)

-Minyak goreng (secukupnya)

Langkah-langkah Memasak

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasak opor ayam yang lezat ala Ibu Eti:

1. Membuat Bumbu Halus

Iris bawang merah dan bawang putih, kemudian tumis dengan minyak goreng hingga harum.

Sangrai kemiri hingga matang, lalu tumbuk bawang merah, bawang putih, dan kemiri menjadi pasta halus.

2. Merebus Ayam

Rebus potongan ayam dalam air mendidih hingga matang, angkat, dan tiriskan.

3. Membuat Santan Kental

Parut kelapa dan peras menggunakan air hangat untuk menghasilkan santan kental.

Panaskan santan kental dalam panci dengan api kecil hingga berminyak dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan.

4. Membuat Kuah Opor

Panaskan minyak dalam panci, tumis bumbu halus bersama dengan serai, daun salam, jahe, dan lengkuas hingga harum dan matang.

Masukkan potongan ayam yang sudah direbus ke dalam panci, aduk rata dengan bumbu.

Tambahkan santan encer dan santan kental perlahan sambil terus diaduk hingga rata.

Masukkan ketumbar bubuk, jintan bubuk, kunyit bubuk, garam, dan gula secukupnya, aduk rata.

5. Merebus Hingga Matang

Masak opor ayam dengan api kecil hingga kuah mengental, daging ayam empuk, dan bumbu meresap ke dalam daging.

Jangan lupa untuk sesekali mengaduk opor agar santan tidak pecah.

6. Sajikan Opor Ayam

Opor ayam ala Ibu Eti siap disajikan. Hidangkan opor ayam hangat bersama nasi putih dan lauk pelengkap lainnya seperti telur rebus, kerupuk, dan irisan mentimun.

Dengan mengikuti resep opor ayam ala Ibu Eti yang telah kami bagikan di artikel ini, Anda dapat menikmati hidangan opor ayam yang enak, lezat, dan menggugah selera di tengah-tengah keluarga tercinta. Opor ayam adalah hidangan yang sangat spesial dan sarat dengan cita rasa khas Indonesia. Kelezatannya akan membuat Anda dan orang-orang terdekat Anda ingin selalu kembali mencicipinya.

Baca juga:Cara memasak sop iga sapi kuah bening ala ibu susi - Kuliner Jadul

Salah satu hal yang membuat opor ayam ala Ibu Eti begitu istimewa adalah proses memasaknya yang melibatkan bumbu-bumbu tradisional dengan racikan khusus dari Ibu Eti. Penggunaan santan kental yang dipanaskan hingga berminyak dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan menambah kekayaan rasa dalam hidangan ini. Selain itu, bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan kemiri, memberikan sentuhan aroma harum yang begitu khas dan menggugah selera.

Memasak opor ayam ala Ibu Eti tidak hanya tentang mencampurkan bahan-bahan, tetapi juga tentang memahami seni memasak dan menghargai prosesnya. Memasak adalah bentuk cinta dan perhatian terhadap keluarga dan orang-orang terdekat. Ketika Anda menyajikan hidangan opor ayam ini di meja makan, Anda juga turut menyajikan kehangatan dan kasih sayang kepada mereka.

Tidak hanya enak, opor ayam juga menyimpan nilai tradisional dan nilai keluarga yang luar biasa. Hidangan ini sering menjadi hidangan spesial yang disajikan saat momen-momen bersejarah, seperti perayaan keluarga, Hari Raya, atau saat ada tamu istimewa datang berkunjung. Opor ayam ala Ibu Eti bukan sekadar santapan lezat, tetapi juga sebuah warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Namun, tak hanya resep yang membuat opor ayam spesial. Sentuhan Ibu Eti yang penuh cinta dan kehangatan saat memasak adalah yang membuatnya begitu istimewa. Tidak ada yang dapat menandingi rasa khas opor ayam ala Ibu Eti yang selalu membuat kita merasa seperti pulang ke rumah, tanpa peduli di mana kita berada.

Dalam keberagaman kuliner Indonesia, opor ayam ala Ibu Eti tetap menjadi favorit dan selalu diingat dengan rasa khasnya yang lezat. Selagi kita terus merawat dan menghormati warisan kuliner ini, kita juga meneruskan cerita tentang Ibu Eti dan cita rasa opor ayamnya yang tak terlupakan.

Akhir kata, semoga resep opor ayam ala Ibu Eti yang telah kami bagikan dapat menginspirasi Anda untuk mencoba memasak hidangan istimewa ini di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati kelezatan opor ayam yang enak ini bersama keluarga tercinta!