Kuliner bandung legendaris yang hampir punah di telan oleh zaman

Bandung, kota yang terkenal dengan julukan "Kota Kembang", tidak hanya memiliki keindahan alam dan wisata yang menarik,

 Bandung, kota yang terkenal dengan julukan "Kota Kembang", tidak hanya memiliki keindahan alam dan wisata yang menarik, tetapi juga kuliner yang menggugah selera. Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Bandung memiliki banyak sekali pilihan kuliner dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari masakan Sunda, Jawa, hingga masakan internasional. Namun, tak hanya itu, Bandung juga memiliki banyak makanan khasnya sendiri yang bisa memanjakan lidah para pengunjung.https://kulinerjoadoel.blogspot.com/






Dalam artikel ini, kita akan membahas kuliner Bandung, baik yang sudah terkenal sejak dulu maupun yang masih baru, sehingga bisa memberikan referensi bagi Anda yang ingin mencari pengalaman kuliner yang tak terlupakan saat berkunjung ke kota ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai macam kuliner khas Bandung yang sudah terkenal di kalangan wisatawan, serta mengeksplorasi rasa baru dari kreasi kuliner terbaru yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang. Siapkan perutmu dan mari kita berpetualang mencicipi kuliner Bandung yang lezat dan unik!andung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, dikenal sebagai kota wisata dan kuliner yang populer di Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa makanan legendaris di Bandung sudah ada sejak zaman dahulu? Inilah kuliner Bandung jaman dulu yang bisa memicu rasa nostalgia.


Nasi Timbel

Nasi timbel adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan lauk pauk khas Jawa Barat seperti ayam goreng, ikan asin, tahu tempe, dan sambal. Nasi timbel menjadi salah satu makanan legendaris di Bandung sejak tahun 1960-an dan masih populer hingga saat ini.


Batagor

Batagor merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng, yaitu bola-bola daging sapi dan tahu yang digoreng dengan tepung dan disajikan dengan saus kacang. Batagor pertama kali diperkenalkan di Bandung pada tahun 1970-an oleh seorang pedagang bernama Pak Chiun. Hingga kini, batagor masih menjadi makanan favorit di Bandung.


Siomay

Siomay adalah makanan yang terbuat dari ikan tenggiri yang dibentuk menjadi bola-bola dan disajikan dengan saus kacang. Siomay di Bandung biasanya disajikan dengan tahu, kentang rebus, dan telur rebus. Siomay sudah populer di Bandung sejak tahun 1950-an.


Es Durian

Es durian adalah minuman es krim yang terbuat dari durian asli. Es durian pertama kali diperkenalkan di Bandung oleh seorang pedagang es krim bernama Haji Yusuf pada tahun 1960-an. Es durian menjadi salah satu minuman legendaris di Bandung dan masih menjadi favorit hingga saat ini.


Lotek

Lotek adalah makanan yang terbuat dari sayuran segar seperti kacang panjang, tauge, kol, dan kangkung yang dihaluskan dan dicampur dengan saus kacang. Lotek pertama kali diperkenalkan di Bandung pada tahun 1950-an dan menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat yang populer hingga saat ini.


Itulah beberapa kuliner Bandung jaman dulu yang masih populer hingga saat ini. Selain itu, masih banyak lagi makanan legendaris lainnya di Bandung yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, jika Anda berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner khas Jawa Barat yang lezat dan unik.